Minggu, 18 November 2012

Liquipel: Bikin Gadget Jadi Anti Air

minggu, 18 nov 2012, jam 21.50 wib, via linux ubuntu
Punya gadget keren dan mahal tentu membuat Anda harus berhati-hati terhadap air dan debu. Betapa paniknya bila tablet, smartphone, atau kamera kesayangan tiba-tiba tersiram air dan rusak sia-sia.  Namun, kini ada teknologi yang membuat gadget kesayangan jadi kebal pada siraman air, bahkan jika terendam sekalipun.

Adalah teknologi pelapisan dari Amerika yang pertama kali ditemukan oleh Danny McPhail dan Kevin Bacon yang kemudian disebut Liquipel.
Proses pelapisan ini dilakukan dengan cara menyemprotkan partikel nano dalam bentuk uap ke benda yang ingin diproteksi dalam sebuah mesin hampa udara dengan tekanan dan suhu tertentu. Partikel nano yang tak kasatmata ini akan melapisi seluruh permukaan benda tersebut sehingga membuat air tak bisa menembusnya.

"Kita dapat melakukan pelapisan ini pada semua peralatan dengan tidak mengubah bentuk, tampilan, dan ukuran benda tersebut. Dalam hal ini kami menawarkan pelapisan untuk gadget elektronik," jelas Hendri Susilo (GM Sales dan Marketing PT LQP Asia) yang membawa teknologi Liquipel ke Indonesia.
Teknologi yang diperkenalkan pada Indocomtech 2012 ini akan membuat gadget elektronik tahan air termasuk air dingin dan panas. Teknologi Liquipel sendiri memiliki sertifikat yang menyebutkan hasil pelapisan ini tahan terhadap air mendidih hingga 200 derajat Celcius dan bisa bertahan selama 30 menit pada kedalaman air 1 meter. (Video demo Liquipel: http://www.youtube.com/watch?v=Ln0daAowdJI)

Pada dasarnya, nyaris semua benda padat bisa dilapis dengan teknologi Liquipel, seperti ponsel, kamera, helm, atau pakaian. Namun, pihak LQP Asia sementara hanya menyediakan layanan lapis nano ini untuk peranti digital dengan harga sekitar Rp400 - 500 ribu per gadget.

Dalam masa pameran, pihak LQP Asia menawarkan harga promosi yang lebih terjangkau, tetapi sementara konsumen harus mendaftar dulu mengingat aktivitas pelapisan ini baru bisa dimulai awal Desember 2012.
Biaya tersebut memang cukup mahal. Tak mengherankan bila gadget kategori waterproof/water-resistant jarang yang harganya murah. Tapi, kalau mau lebih ekonomis (bahkan gratis), Anda bisa mencoba membungkus gadget dengan plastik transparan.

sumber:
http://www.infokomputer.com/berita/1-latest-news/5637-liquipel-bikin-gadget-jadi-anti-air

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

peraturan (rules)

segala yang ada di blog ini tidak boleh digunakan untuk kejahatan apapun entah itu secara langsung dan/atau tidak langsung. (anything in this blog are not to use for anykind of crime, direct and/or indirect).