Senin, 12 November 2012

GLOBAL ISLAMIC FINANCE FORUM 2012: Financial Inclusion butuh peran ekonomi syariah

selasa, 13 november 2012, jam 11.50 wib, via bank muamalat kelapa gading

dikutip dari www.bisnis.com
KUALA LUMPUR: Konvergensi jasa keuangan mikro dengan financial syariah dinilai akan memberikan kontribusi yang signifikan terhadap financial inclusion dan membantu menekan kemiskinan.


Abdul Muktadir, Deputi Gubernur State Bank of Pakistan mengatakan sistem keuangan mikro sebenarnya memiliki peran yang penting terhadap 100 juta orang miskin di seluruh dunia.
Namun, ujarnya, mengandalkan inklusi keuangan melalui jasa keuangan mikro saja tidak dapat cukup untuk mengatasi masalah kemiskinan.

Dia memaparkan salah satu kelemahan utama dari jasa keuangan mikro konvensional adalah ketidakmampuannya untuk memetakan kemiskinan secara tepat, ditambah dengan tingkat suku bunga yang tinggi.

“Menurut pendapat saya konvergensi micro finance dengan Islamic Finance dapat saling melengkapi dalam mencapai tujuan bersama yang antara lain penyediaan kesempatan ekonomi yang adil untuk semua,” katanya dalam Global Islamic Finance Forum 2012 di Kuala Lumpur pagi ini (18/09).

Abdul Muktadir menambahkan jasa keuangan mikro syariah memiliki potensi besar untuk memberikan dukungan dalam pengentasan kemiskinan.

“Lembaga-lembaga  pengelola zakat, sadaqah dan wakaf jika digunakan secara efektif dapat memainkan peran penting dalam pengentasan kemiskinan,” katanya.

sumber:
http://www.bisnis.com/articles/global-islamic-finance-forum-2012-financial-inclusion-butuh-peran-ekonomi-syariah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

peraturan (rules)

segala yang ada di blog ini tidak boleh digunakan untuk kejahatan apapun entah itu secara langsung dan/atau tidak langsung. (anything in this blog are not to use for anykind of crime, direct and/or indirect).