Minggu, 18 November 2012

ARM Luncurkan Desain Prosesor 64-bit (AMD lunch 64-bit processor design)

minggu, 18 nov 2012, jam 22.04 wib, via linux ubuntu


ARM meluncurkan dua desain processor 64-bit kemarin, yaitu Cortex A57 dan A53. A57 bakal mendongkrak  kinerja tiga kali dari smartphone yang paling top saat ini. Sementara itu A53 menyajikan kinerja yang sama dengan Cortex A9 yang digunakan pada chipset Nvidia Tegra 3 tetapi dengan ukuran cuma seperempatnya.

Menurut ARM, desain processor baru ini tidak hanya meningkatkan kecepatan smartphone dan tablet, tetapi juga akan menurunkan konsumsi daya listriknya.
Pada penerapannya, Cortex A57 dapat dipasangkan dengan A53 dengan konfigurasi “big-LITTLE” untuk mencapai skalabilitas kinerja dan efisiensi energi. Konfigurasi ini pada dasarnya menggunakan pasangan prosesor yang lebih powerful dengan prosesor low-power. Keduanya akan bekerja bergantian sesuai dengan kebutuhan sehingga dicapai kinerja tinggi sementara konsumsi daya rendah. 

Desain A53 atau A57 menjadikan smartphone dan tablet dapat memanfaatkan ruang memori 64-bit. Untuk Windows RT, feature ini diperlukan agar menjadi lebih kompetitif dengan peranti Windows 8 yang menjalankan prosesor Intel. Selain itu menurut ARM, smartphone yang menggunakan A57 dapat disambungkan dengan layar, keyboard, dan mouse, melalui koneksi wireless.
Selain untuk smartphone dan tablet, kedua processor juga ditargetkan untuk penggunaan pada server di data center. Keunggulan server ini adalah konsumsi daya yang rendah, sehingga operasi data center menjadi lebih efisien. Banyak vendor yang mengembangkan server berbasis prosesor ARM. Meski demikian, dibandingkan dengan sistem berbasis Intel, server ARM berkinerja lebih rendah. Dengan arsitektur 64-bit yang baru tersebut, pihak ARM berharap produknya dapat bersaing dengan Intel di sisi kinerja.

Para mitra ARM diharapkan dapat memproduksi prosesor baru 64-bit tersebut mulai tahun 2014. Para mitra ARM yang selama ini memproduksi chip-nya adalah Qualcomm, Nvidia, dan Apple. Belakangan AMD juga menjadi mitranya, sehingga pesaing Intel ini tidak hanya akan membuat chip x86 tetapi juga ARM.

sumber:
http://www.infokomputer.com/berita/1-latest-news/5618-arm-luncurkan-desain-prosesor-64-bit

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

peraturan (rules)

segala yang ada di blog ini tidak boleh digunakan untuk kejahatan apapun entah itu secara langsung dan/atau tidak langsung. (anything in this blog are not to use for anykind of crime, direct and/or indirect).