Minggu, 18 November 2012

Review HTC Explorer

minggu, 18 nov 2012, jam 21.38 wib, via linux ubuntu

Smartphone terbaru HTC ini menunjukkan bahwa menikmati Android tak selalu harus mengandalkan perangkat kelas atas.  
Biasanya, HTC lebih dikenal dengan produk smartphone canggih dengan segmen menengah ke atas. Sebenarnya, mereka juga memiliki produk untuk segmen bawah tapi sayangnya tidak terlalu terkenal.
Untuk segmen menengah ke bawah (entry level), HTC memiliki beberapa produk yang tak kalah menarik. Salah satunya adalah Explorer.
Sebagai smartphone entry-level, HTC Explorer hadir dengan tampang yang sama sekali tidak mengecewakan. Berbodi belakang campuran karet dan semacam metal, Explorer terkesan tangguh, sesuai namanya yang bernuansa petualangan.
Tapi jangan salah. Meskipun tampangnya terlihat tangguh, Explorer sama sekali tidak dirancang sebagai smartphone yang mampu menghadapi berbagai gangguan fisik. Ini karena di balik lapisan karet serta “metal” tersebut, bodi HTC Explorer tetaplah plastik walaupun cukup tebal.
HTC Explorer hadir dengan layar sebesar 3,2 inci dan memiliki resolusi 320x480 piksel. Kualitas layarnya sendiri termasuk baik terutama mengingat segmen yang ditujunya. Kemudian di bawah layar terdapat empat buah tombol softkeys standar seperti Home,Menu,Back dan Search.  Sementara tombol fisik berada di sisi smartphone seperti power/sleep di sisi atas dan volume pada sisi kanan. Tombol-tombol ini cukup mudah untuk ditekan meskipun tertutupi lapisan karet belakang bodinya.
Berbekal Android Gingerbread 2.3.5, Explorer mengandalkan SoC MSM7225A dari Qualcomm. Berbeda dengan MSM7225 terdahulu, versi terbaru ini sudah mendukung instruksi ARMv7. Chip ini dan termasuk dalam jajaran prosesor Snapdragon S1 yang ditujukan untuk smartphone entry-level.
Keuntungannya, dengan memanfaatkan instruksi ARMv7, Explorer sudah mampu menjalankan content berbasis flash. Ketika kami mengujinya dengan mengunjungi situs Youtube versi desktop, Explorer dengan lancar memutar video yang ada hingga kualitas 480p. Hal ini cukup mengesankan mengingat kecepatan prosesornya sendiri termasuk rendah yakni 600 Mhz.
Dalam hal multimedia, HTC Explorer dilengkapi dengan feature pemoles suara yaitu SRS Enhancement dan HTC 5.1 Surround. SRS Enhancement memoles suara dengan menaikkan level frekuensi tertentu seperti bass dan treble. Sementara HTC 5.1 Surround mensimulasikan efek tata suara 5.1 saat ketika Anda menggunakan earphone/headphone. HTC Explorer juga dilengkapi dengan radio FM yang dapat menjadi alternatif ketika Anda merasa bosan dengan koleksi musik milik Anda.
****
HT C Explorer memang bukan smartphone canggih dengan spesifikasi kelas atas. Namun bagi pendatang baru di dunia smartphone terutama Android, HT C Explorer memberikan pengalaman yang menyenangkan. 

Hasil Pengujian
Berbekal SoC yang sama, HTC Explorer terlihat unggul jauh dibandingkan dengan Xperia X8. Revisi yang dilakukan oleh Qualcomm membuat kinerja SoC ini melesat dua kali lipat dibandingkan varian awalnya. Peningkatan paling signifikan dirasakan oleh unit olah grafisnya yang menghasilkan skor hingga sekitar 144% lebih tinggi.
Pengujian
HT C Explorer
Sony Ericsson Xperia X8
Quadrant Advanced Total
1062
1001
Linpack Single Thread
15,64 MFLOPS
7,65 MFLOPS
Multi Thread
- MFLOPS
- MFLOPS
Smartbench 2011 Productivity
688
354
Smartbench 2011 Games
1144
468

Spesifikasi
Prosesor
Qualcomm Snapdragon S1 MSM7255A
RAM
512 MB
Kartu Grafis
Adreno 200
Internal storage
150 MB
Wireless
802.11b/g/n WLAN, Bluetooth 3.0, GPS, 3G/HSDPA
Kamera
belakang 3,2 megapixel
Lain – Lain
SRS Audio Enhancement, HTC Sense 3.5
Layar
3,2” 320x480 piksel
Sistem Operasi
Android 2.3.5
Bobot
108 gram
Garansi
1 Tahun
Situs Web
Harga kisaran*
Rp.2.499.000
* Erafone;  Minggu pertama Februari 2012

Kamera Kamera HTC Explorer memiliki resolusi 3,2 megapiksel yang sayangnya tanpa dilengkapi LED Flash

MicroSD Meski mendukung hotswap, letak slot microSD ini agak merepotkan karena berada di dalam casing.

Tombol
Penekanan tombol Power/Sleep ini membutuhkan tenaga ekstra. Ini disebabkan lapisan karet yang melindunginya.
 
Plus
    
: Kinerja baik, mendukung content flash.
Minus : Kualitas kamera tidak cukup baik, memori internal kecil.

Skor Penilaian
- Kinerja            : 3,75
- Fasilitas          : 4
- Kemudahan    : 3,75
- Harga             : 3,75
- Skor total        : 3,8125

sumber:
http://www.infokomputer.com/review/lainnya/5281-htc-explorer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

peraturan (rules)

segala yang ada di blog ini tidak boleh digunakan untuk kejahatan apapun entah itu secara langsung dan/atau tidak langsung. (anything in this blog are not to use for anykind of crime, direct and/or indirect).